Loyalitas Jadi Kunci, Indosat Yakin Jaga Pelanggan di Tengah Persaingan

  • Maskobus
  • Sep 22, 2025

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) tengah berupaya keras mempertahankan pangsa pasar dan menarik pelanggan baru di tengah sengitnya persaingan industri telekomunikasi. Kunci utama yang diandalkan perusahaan adalah loyalitas pelanggan, yang diwujudkan melalui program-program menarik dan inovatif. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah peluncuran program loyalitas terbaru, IMPoin, yang dirancang untuk memberikan nilai tambah dan apresiasi kepada pelanggan setia mereka.

Dalam lanskap bisnis yang dinamis dan penuh tantangan, menjaga loyalitas pelanggan merupakan fondasi penting bagi pertumbuhan berkelanjutan. Indosat menyadari sepenuhnya hal ini, dan berinvestasi secara signifikan dalam program-program yang dirancang untuk mempererat hubungan dengan pelanggan, memberikan pengalaman yang memuaskan, dan mendorong mereka untuk tetap setia menggunakan layanan Indosat.

Data internal Indosat menunjukkan bahwa pada semester pertama tahun 2025, jumlah pelanggan mencapai 95,4 juta. Meskipun angka ini menunjukkan penurunan sebesar 5,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yang mencapai 100,9 juta pelanggan, Indosat meyakini bahwa penurunan ini disebabkan oleh konsolidasi SIM card di pasar. Konsolidasi ini merupakan fenomena umum di industri telekomunikasi, di mana pelanggan cenderung mengurangi jumlah SIM card yang mereka gunakan, dan memilih operator yang menawarkan layanan terbaik dan paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

VP Head of Loyalty Management IOH, Lucida Gloria Utami Dwi, menjelaskan bahwa program loyalitas IMPoin dirancang secara inklusif, sehingga dapat diikuti oleh seluruh pelanggan Indosat, baik pelanggan lama maupun pelanggan baru. Program ini menawarkan berbagai keuntungan dan hadiah menarik, yang diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong mereka untuk terus menggunakan layanan Indosat.

Salah satu daya tarik utama dari program IMPoin adalah kesempatan untuk memenangkan tiket Pesta Hadiah. Tiket ini dapat diperoleh dengan berbagai cara, termasuk dengan melakukan aktivasi kartu perdana Indosat. "Salah satunya untuk mendapatkan tiket Pesta Hadiah itu, kami juga memberikan kepada pelanggan baru. Aktivasi kartu perdana langsung dapat satu tiket. Dari awal kami apresiasi pelanggan baru agar mereka merasa dihargai," ujar Lucida. Langkah ini merupakan strategi cerdas untuk menarik pelanggan baru dan memberikan mereka pengalaman positif sejak awal. Dengan memberikan apresiasi kepada pelanggan baru, Indosat berharap dapat membangun hubungan yang kuat dan mendorong mereka untuk menjadi pelanggan setia dalam jangka panjang.

Loyalitas Jadi Kunci, Indosat Yakin Jaga Pelanggan di Tengah Persaingan

Lucida menargetkan partisipasi yang tinggi dari pelanggan yang telah terdaftar di program IM3 Point. Tahun lalu, dari sekitar 26 juta pelanggan yang registrasi, 13 juta atau 50% di antaranya mengikuti program loyalitas. Tahun ini, IOH berharap partisipasi dapat meningkat hingga 60%. Target ini menunjukkan ambisi Indosat untuk meningkatkan engagement pelanggan dan memastikan bahwa semakin banyak pelanggan yang merasakan manfaat dari program loyalitas yang ditawarkan.

Untuk mencapai target tersebut, Indosat terus berupaya meningkatkan daya tarik program IMPoin dan mempromosikannya secara luas kepada seluruh pelanggan. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menambahkan elemen gamification ke dalam program. Gamification adalah penggunaan elemen-elemen permainan dalam konteks non-permainan, seperti dalam program loyalitas. Elemen-elemen permainan ini dapat berupa poin, level, badge, dan leaderboard, yang dirancang untuk membuat program lebih menarik dan interaktif.

Lucida menjelaskan bahwa elemen gamification diyakini dapat memperkuat engagement pelanggan. "So far dari program-program lainnya hasilnya bagus banget. Dengan gamification, kita harap makin menjaga loyalitas pelanggan," jelas Lucida. Dengan menambahkan elemen gamification, Indosat berharap dapat meningkatkan partisipasi pelanggan, membuat mereka lebih terlibat dalam program, dan mendorong mereka untuk terus menggunakan layanan Indosat.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang digelar pada kuartal IV, tahun ini program Pesta Hadiah IMPoin diadakan mulai September. Hal itu menyesuaikan mekanisme baru penghapusan poin per kuartal, sehingga pelanggan memiliki kesempatan menukarkan poin sebelum hangus. Langkah ini menunjukkan bahwa Indosat sangat memperhatikan kebutuhan dan kenyamanan pelanggan. Dengan mengubah jadwal pelaksanaan program, Indosat memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada pelanggan untuk menukarkan poin mereka sebelum hangus.

Meskipun enggan menyebut angka target pertumbuhan pelanggan, Lucida optimistis program ini akan membantu menahan laju penurunan pelanggan. "Optimis dong, harus optimis," tegasnya. Optimisme ini didasarkan pada keyakinan bahwa program loyalitas yang dirancang dengan baik dan dijalankan secara efektif dapat memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pelanggan, dan mendorong mereka untuk tetap setia menggunakan layanan Indosat.

Indosat melalui brand IM3 kembali mengapresiasi pelanggan setianya melalui program loyalitas tahunan "Pesta Hadiah IMPoin 2025". Tahun ini, IM3 menyiapkan total 2.025 hadiah sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan pelanggan yang menggunakan produk IM3 & IM3 Platinum. Jumlah hadiah yang fantastis ini menunjukkan komitmen Indosat untuk memberikan apresiasi yang besar kepada pelanggan setianya.

Program yang berlangsung dari 1 September hingga 31 Desember 2025 ini menawarkan berbagai hadiah menarik, termasuk grand prize berupa 4 unit Mobil Listrik BYD M6 Standard, 4 unit Motor Listrik ALVA N3, 4 unit Samsung S25 Ultra 256GB, serta 4 unit Apple Watch 10. Hadiah-hadiah mewah ini diharapkan dapat menarik minat pelanggan dan meningkatkan partisipasi mereka dalam program Pesta Hadiah IMPoin.

Bilal Kazmi, Director & Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menjelaskan bahwa "Kehadiran Pesta Hadiah IMPoin 2025 merupakan wujud apresiasi kami atas loyalitas pelanggan terhadap IM3 dan IM3 Platinum. Kami ingin agar setiap interaksi pelanggan dengan IM3 memberi pengalaman yang mengesankan, termasuk dengan simpelnya. Simpel itu IM3," pungkasnya. Pernyataan ini menegaskan komitmen Indosat untuk memberikan pengalaman yang terbaik bagi pelanggan, dan menjadikan IM3 sebagai pilihan utama mereka.

Dalam era digital yang serba cepat dan kompetitif, loyalitas pelanggan menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan telekomunikasi. Indosat menyadari sepenuhnya hal ini, dan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan, menawarkan program-program loyalitas yang menarik, dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Dengan fokus pada loyalitas pelanggan, Indosat yakin dapat menjaga pangsa pasar, menarik pelanggan baru, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan di masa depan.

Program IMPoin dan Pesta Hadiah IMPoin 2025 merupakan bukti nyata dari komitmen Indosat untuk menghargai dan mengapresiasi pelanggan setianya. Melalui program-program ini, Indosat berharap dapat mempererat hubungan dengan pelanggan, memberikan pengalaman yang memuaskan, dan mendorong mereka untuk tetap setia menggunakan layanan Indosat. Di tengah persaingan yang semakin ketat, loyalitas pelanggan akan menjadi kunci utama bagi kesuksesan Indosat di masa depan. Perusahaan akan terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar untuk memastikan bahwa mereka selalu dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Dengan demikian, Indosat dapat mempertahankan posisinya sebagai salah satu pemain utama di industri telekomunikasi Indonesia.

💬 Tinggalkan Komentar dengan Facebook

Related Post :